7 Cara Supaya Kamu Tak Gampang Lapar Mata Saat Melihat Makanan di Meja


"Makan terus lo! Kapan kenyangnya?"

"Ehehe."

Punyai bentuk tubuh bagus tetapi masih sehat ialah hal yang diinginkan orang-orang. Tidak jarang-jarang untuk ini kamu mati-matian buat olahraga serta coba skema makan yang betul. Tetapi, rasa lapar serta kalap lihat makanan sering jadi musibah yang dapat membuat tubuhmu membesar semakin lama.


Jam 8 sarapan pakai gudeg, jam 11 sudah ingin membeli donat dua biji.

Jam 1 makan siang nasi padang, jam 3 telah tertarik buat membeli sepiring somay, setelah itu ngabisin camilan dikulkas

Jam 6 makan malam pakai satu porsi sate ayam, trus diajakin rekan nongkrong makan pizza 4 potong, setelah itu ingin tidur masih ingin ngemil sebungkus keripik kentang.

Kemauan hati ingin mengatur makanan, tetapi apa daya keinginan ingin kunyah tetap ada. Tenanglah, keinginan ini dapat ditangani. Tanpa ada selalu harus menganiaya diri, saat ini kamu dapat coba mengatur keinginan makan dengan cari mengubah skema makan. Nah, di bawah ini Hipwee akan beri 7 panduan supaya kamu tidak gampang lapar serta tidak kalap waktu lihat makanan. Ingin tahu sedetailnya? Kamu dapat baca rincian di bawah ini ya.

Kunyah perlahan-lahan agar kenyang. Foto by Shohei Ohara from Pexels lewat www.pexels.com

Telah makan satu porsi sate ayam, tetapi belum juga kenyang?

Tidak sedikit orang yang telah makan dengan bagian setimbang nyatanya tetap saja belum berasa kenyang. Kemungkinan kamu telah makan satu porsi sate ayam, tetapi mulut belum juga berasa senang cukup dengan makan hanya itu. Kamu mengikuti keinginan untuk makan sampai tidak sadar berat tubuhmu jadi membesar.

Nah, bila kamu ingin makan setimbang, coba jadi pengikut yang beriman dalam makan dengan kunyah dengan cara perlahan-lahan. Kunyah dengan cara perlahan-lahan dapat membuat makanan terserap dengan cara optimal, hingga kamu berasa bertambah cepat kenyang. Majalah Time menulis jika dengan kunyah sekitar 10-12 kali kamu dapat membuat makanan bertambah lebih lembut. Tetapi, bila kamu konsumsi daging atau makanan yang keras kamu perlu kunyah semakin lama.

Selain capek kunyah, makanan yang telah lembut akan membuat reseptor kenyang dalam perut aktif lebih dini. Nah, jadi saat ini kunyah makanan pelan-pelan ya. Kamu tidak sedang dihantui masa lalu bekas kok.

Kadang-kadang meneguk air. Foto by Fernanda Latronico from Pexels lewat www.pexels.com

Kemungkinan kamu berasa tidak senang cukup dengan sepiring spaghetti keju. Tidak jarang-jarang kamu memandang itu cuman menumpang melalui. Nah, supaya kamu tidak lagi kalap untuk makan banyak, coba kamu minum air putih disela-sela makanmu. Contohnya, sesudah tiga sendok kamu minum seteguk air putih. Demikian selanjutnya sampai menu makanmu habis.

Kecuali minum air putih, janganlah lupa mengambil interval 15 detik untuk meneruskan makan lagi. Nah, air putih efisien untuk menolong makananmu tercerna secara baik, jadi kamu dapat berasa bertambah cepat kenyang. Langkah ini efisien untuk mengatur makanmu supaya tidak kalap waktu di meja makan. Nah, ingin sehat serta langsing ‘kan? Janganlah lupa siapkan air putih saat makan ya.

Rajin-rajin sikat gigi. Foto by Andrea Piacquadio from Pexels lewat www.pexels.com

Bila kamu ingin makan sehat serta setimbang, karena itu kamu harus menahan keinginan makan dengan cara beringas. Tidak ada kelirunya kamu coba rajin sikat gigi sesudah makan. Sensasi nafas yang fresh dapat membuat kamu malas untuk makan lagi, disamping itu gigi yang bersih tidak membuat kamu berasa tertarik dengan tersisa makanan yang masih ada di mulutmu. Nah, dengan langkah ini tidak jarang-jarang kamu tidak rakus untuk masalah makan serta berat tubuhmu tetap setimbang. Jadi saat ini tekankan kamu bertambah rajin sikat gigi ya. Untuk sikat gigi, kamu perlu waktu lama kok.

Pilih permen sugar free ya. Foto by Tatiana Fet from Pexels lewat www.pexels.com

Tidak jarang-jarang kamu banyak makan bukan lantaran lapar atau perutmu yang kosong, tetapi karena hanya mulutmu ingin kunyah suatu hal. Kemungkinan kamu berasa jemu serta "gatal" waktu tidak makan apa-apa. Nah, saat ini coba kamu strategii untuk stop ngemil kudapan. Kamu dapat tukar dengan permen rendah kalori yang banyak dipasarkan di semua toko paling dekat.

Maka bila kamu takut berasa jemu waktu tidak makan apa-apa, kamu dapat kantongi permen memiliki label sugar-free ke mana juga kamu pergi.

Tekankan kamu punyai sayuran jagoan. Foto by Jill Wellington from Pexels lewat www.pexels.com

Mengganti skema makan memang tidak gampang, ditambah lagi bila tiap hari kamu hadapi dengan beberapa tipe makanan yang membuat air liurmu melaju tanpa ada kendali. Nah, waktu kamu hadapi dengan "Mata air di padang pasir" ini, karena itu coba untuk pilih sayuran kamu lahap dengan senang. Tak perlu takut gemuk sebab banyak kalori yang tersimpan, pilih sayuran yang kaya serat dapat membuat pencernaanmu lancar serta berasa kenyang semakin lama.

Dengan demikian, walau kamu berkeinginan untuk habiskan sayuran dengan bagian yang besar, kamu akan menyerah pada tengah jalan. Kamu perlahan dapat mengatur nafsu makanmu bila terlatih makan sayuran.

Jauhi makanan pedas yang dapat ‘mengudang' rasa suka. Image by englishlikeanative from Pixabay lewat pixabay.com

Makan memang sering jadi hal yang membahagiakan, tetapi itu tidak lagi berlaku bila kamu telah makan terlalu berlebih. Nah, bila kamu penggemar cita rasa pedas, coba untuk perlahan-lahan hindari rasa ini. Sebab rasa pedas dapat membuat kamu suka, seperti main dotA, kamu tidak dapat hidup tanpa dia sampai kekasih memberikan ancaman putus. Muatan capsaicin pada cabai serta piperin pada lada ialah yang membuat kamu berasa tidak dapat stop makan.

Kecuali dapat mengatur skema makan kamu dapat juga terlepas dari sakit pencernaan. Jadi, mulai saat ini tidak ada kelirunya kamu menjaga jarak dengan rasa pedas.

Jika telah dekat jam tidur, lihat betul-betul konsumsi makananmu. Foto by Adrienn from Pexels lewat www.pexels.com

Saat kamu telah terlatih makan banyak, tidak jarang-jarang kamu dapat berasa lapar kapanpun serta dimanapun. Serta ini bisa menjadi dilema saat kamu berasa lapar ditengah-tengah malam, kecuali tempat makan yang telah tutup kamu hadapi dengan intimidasi kegendutan. Nah, saat ini kamu coba minum air putih yang banyak supaya kamu perutmu tidak lagi meronta-ronta. Bila ini tetap tidak membuat kamu tenang, kamu dapat makan buah seperti apel, melon, atau buah pear. Jangan makan buah yang rasa-rasanya asam ya, sebab dapat mengganggu pencernaan ditengah-tengah malam. Atau selekasnya tidur dapat juga jadi jalan keluar supaya kamu tidak berasa lapar lagi.

Rasa lapar memang alami serta penting untuk bertahan hidup. Tetapi, bukan bermakna kamu harus makan terlalu berlebih untuk hidup secara baik. Skema makan yang setimbanglah yang dapat membuat kamu masih sehat serta panjang usia. Maka bila kamu ingin hidup secara baik, waktunya kamu dapat mengatur keinginan yang membuat kamu tidak stop makan. Nah, panduan di atas barusan dapat kamu terapkan.



 

Postingan populer dari blog ini

8 Ide Makanan Murah Selain Telur Ceplok dan Mie Instan; Cocok Nih Buat Akhir Bulan!

Punya Banyak Minyak Jelantah Sisa Goreng Makanan? Stop Buang Minyak Jelantahnya ke Saluran Pembuangan Air!

6 Bahan Makanan ini Ternyata Bisa Dipakai Buat Pengganti Micin. Beri Tahu Ibumu Segera!